Selasa, 22 November 2011

Siapakah Karakter Anime Yang Paling Banyak Disukai???


1.    
1.       Uzumaki Naruto




















Uzumaki Naruto adalah nama seorang tokoh fiksi dari serial anime dan manga Naruto. Ia merupakan tokoh utama dalam serial ini. Ia digambarkan sebagai bocah berambut pirang dan bermata biru. Di pipinya ada semacam guratan. Ia sering terlihat memakai jaket dan celana panjang berwarna jingga. Di dahinya ada ikat kepala berwarna biru dengan lambang desa kelahirannya.


1.    
1.       Uciha Sasuke

Sasuke Uchiha (うちはサスケ Uchiha Sasuke) adalah seorang karakter fiktif dari komik dan anime Naruto. Sasuke adalah seorang ninja jenius dari sebuah klan terkemuka di Konoha, Klan Uchiha. Klan Uchiha dikenal dengan garis keturunan khususnya yaitu Sharingan, begitu juga dengan kemampuan mereka menguasai elemen api. Klan ini juga memberikan kontribusi besar sebagai pasukan keamanan Konoha. Seperti kebanyakan anggota klan Uchiha, Cakra Sasuke lebih mengarah ke elemen api, namun dia juga dapat memanipulasi elemen listrik, seperti yang ditunjukkannya saat melakukan jurus Chidori. Sasuke juga berhasil menguasai jutsu Amaterasu yang dia dapat dari kakaknya, Itachi Uchiha.

 
1.   
1.       Yagami Light

















Manga dan film layar lebar Death Note memiliki inti yang sama yaitu seorang siswa SMA terbaik sejepang bernama Light Yagami yang menemukan Death Note kepunyaan shinigami (dewa kematian) bernama Ryuk. Light merasa dunia sudah membusuk karena dipenuhi oleh manusia tidak berguna (penjahat), karena itu Light memutuskan untuk mengorbankan dirinya agar dunia menjadi lebih baik. Light membunuh para penjahat dengan menggunakan nama KIRA (Kira dalam bahasa Jepang berarti "pembunuh", bandingkan dengan kata bahasa Inggris Killer), sayangnya Light menjadi tidak terkendali dan membunuh semua orang yang menghalanginya. Tidak butuh waktu lama nama KIRA mendunia. KIRA dikenal sebagai penjahat/pahlawan yang membuat para penjahat mati karena serangan jantung (Light hanya menuliskan nama tanpa menuliskan detailnya sehingga orang-orang itu mati karena serangan jantung).

1.    
1.       Ichigo Kurosaki
adalah karakter utama dari serial manga dan anime Bleach. Seri anime dan manga Bleach dimulai saat Ichigo menerima kekuatan shinigami karena bertemu dengan Rukia Kuchiki, seorang shinigami yang ditugaskan untuk mematroli Kota Karakura. Karena menyerahkan kekuatannya kepada Ichigo, Rukia tidak memiliki kekuatan lagi, oleh karena itu, Ichigo ditugaskan untuk menggantikan tugas Rukia sebagai dewa kematian untuk sementara waktu. Ichigo harus melindungi orang-orang dari arwah-arwah jahat yang disebut hollow, dan mengirim arwah-arwah baik yang disebut plus ke Soul Society. Menurut jajak pendapat popularitas karakter dari majalah Shonen Jump, karakter Ichigo selalu mendapat peringkat teratas sebagai karakter paling populer dalam manga Bleach.

 

1.    

1.       Natsu Dragneel


          Natsu Dragneel (ナツ ドラグニル, Natsu Doraguniru) (Pengisi suara: Jepang: Tetsuya Kakihara (柿原 徹也), Indonesia: Ahmad Zulkifli Lubis) adalah karakter pria utama dalam Fairy Tail. Natsu memiliki sifat sembrono dan terus-menerus bertengkar dengan anggota lainnya. Dia memiliki hubungan kompetitif dengan rekan timnya, yaitu Gray Fullbuster dan Erza Scarlet. Gray cenderung untuk menghina Natsu, sehingga mereka sering bertengkar. Sementara hubungannya dengan Erza, penyihir kelas S, adalah Natsu sering menantang Erza untuk bearadu kekuatan dengannya. Dan itu merupakan cara bagi Natsu untuk membuktikan seberapa kuat dia. Meskipun sifatnya yang sembrono dan keras kepala, Natsu juga terampil dalam menggunakan siasat dan dapat mengetahui kemampuan lawan dan kelemahannya dengan sangat cepat. Ia juga sangat setia kepada Fairy Tail, dan tidak memperbolehkan siapa pun untuk menghina Fairy Tail. Kelemahan Natsu adalah mabuk kendaraan (motion sickness) termasuk kereta api, dan bahkan jika ia digendong. Satu-satunya pengecualian untuk mabuknya itu adalah diangkat oleh Happy. Natsu mempunyai kekuatan elemen api yang dikeluarkan dari mulut seperti naga.




2.   
1.       Gray Fullbuster

Garaidh "Gray" Fullbuster (グレイ・フルバスター Gureidh "Gurei" Furubasutā) (Pengisi suara: Bahasa Jepang: Yuichi Nakamura (中村 悠一), Bahasa Indonesia; Kamal Nasuti) adalah salah satu karakter utama. Ia sering bergabung sebagai tim bersama Natsu & Lucy. Natsu dan Gray memiliki hubungan persaudaraan, persahabatan, dan rival. Natsu sering berkelahi dengannya setiap kali Gray mengatakan sesuatu yang dianggap cemoohan. Lucy mengaggap perkelahian mereka yang terus menerus terjadi karena perbedaan sihir mereka berdua yaitu, es & api.
Gray diajarkan cara menggunakan sihir es oleh Ul ketika ia masih kecil setelah orang tuanya dibunuh Deliora. Saat Gray beniat menyerang Deliora untuk membalaskan dendamnya, Ul mengorbankan nyawanya untuk menyelamatkan Gray dan mengurungnya di es. Selama latihannya bersama Ul, Gray dipaksa tinggal di kawasan bersalju dengan hanya berpakaian dalam agar terbiasa dengan dinginnya es. Karena itulah Gray sering menanggalkan pakaiannya, karena ia merasa lebih nyaman tanpa bajunya. Gray adalah salah satu penyihir berbakat di Fairy Tail, dan dia mampu menggunakan sihir es statis dengan mudah. Tidak seperti murid pertama Ul, Lyon, Gray menggunakan dua tangannya ketika menggunakan sihir karena menggunakan satu tangan akan menciptakan sihir yang tidak seimbang. Setelah mengalahkan Juvia, Juvia jatuh cinta dengannya dan bergabung dengan Fairy Tail. Mereka kemudian menjadi teman dekat . dan satu lagi Gray mengeluarkan es cuma ditangannya saja.



3.   
1.       Yuuki Cross




















Anak dari kepala sekolah Cross Gakuen. Tempat dimana vampir dan manusia hidup berdampingan sebagai teman seasrama. Yuuki mencintai Kaname, namun dia juga menaruh hati pada Zero. Di akhir cerita terungkaplah bahwa Yuuki sebenarnya adalah adik kandung Kaname. Ia rela melakukan hal yang tabu hanya untuk membuat Zero bertahan hidup. Sampai akhirpun ia terus mencari cara agar Zero bisa lolos dari Level E.Dan dia adalah tunangan dari kaname
4.   
1.       Zero Kiryu




Kakak angkat Yuuki. Ia diangkat oleh Kaien karena kedua orang tua Zero telah dibunuh oleh vampir darah murni. Ia sendiri telah digigit dan menuju Level E. Zero menaruh hati pada Yuuki sekalipun ia tak bisa mengakuinya. Zero terus berjuang melawan darah vampirnya hingga akhir. Tapi, ketika Yuuki memberikan darahnya, rasanya Zero mulai bergantung pada darah Yuuki. Ketika ia mengetahui bahwa Yuuki adalah seorang vampir darah murni, rasa benci Zero terhadap Yuuki melebihi rasa cintanya pada Yuuki. Ia bertekad untuk membunuh semua vampir darah murni suatu hari nanti, termasuk Yuuki. Zero selalu membawa sebuah senjata anti Vampire yang hanya bisa dikendalikan olehnya, Bloody Rose.

5.   
1.       Haruno Sakura



Sakura Haruno adalah seorang kunoichi (ninja wanita) yang tergabung dalam Tim 7 bersama Naruto Uzumaki dan Sasuke Uchiha dibawah bimbingan Kakashi Hatake. Dia sangat menyukai Sasuke sehingga dia sangat senang ketika tahu bahwa dia dan Sasuke tergabung dalam Tim 7, tetapi dia sangat menyayangkan Naruto yang masuk dalam tim tersebut. Karena dia tidak begitu suka dengan Naruto yang ternyata menyukai dirinya. Ketika Sasuke pergi meninggalkan Konoha, Sakura mulai berusaha menjadi ninja yang hebat. Dia berguru kepada Tsunade dan akhirnya menjadi seorang ninja medis yang andal.



1.       Ryuzaki / L




Detektif terkenal yg ingin menangkap kira (Light Yagami) , L tidak pernah mau menunjukan dirinya kepada hal layak kecuali kepada orang-orang penyelidik kira . L termasuk orang yg sangat jenius , namun sikapnya seperti anak kecil yg sudah sangat terlihat di sepanjang cerita dimana ia selalu memakan kue-kue manis di tengah penyelidikan sangat tidak ingin mengalah . L sangat suka dengan makanan manis seperti kue , itu


1.Siapakah perintis teknologi robot??....... Al Jazari

2. Gedung untuk mengamati bintang –bintang tiruan buatan manusia adalah…….planetarium

3. Apa nama topi tradisional meksiko yang terkenal?…… Topi sombrero

4. Berapakah banyak hakim internasional???.... 15 orang hakim

5. Komoditi ekspor Indonesia ke Negara china adalah??..
 Yang paling utama batu bara dan minyak mentah sawit, sedangkan lainnya:
- sarang burung walet
-cula badak
-gading gajah
-harimau
-kayu log
-hasil perkebunan (lada hitam,merica,rempah-rempah deh)
-bubur kertas (pulp) Dll

6. Pelabuan yang terdapat di muara rhein adalah??..... pelabuhan laut Rotterdam

7. 3 semboyan revolusi prancis adalah……

                1. Libertie - kebebasan

                2. Egalite - persamaan

                3. Fraternity- persaudaraan

8. Mobil Mercedes bens dan volkvagen adalah buatan Negara…… Jerman

9. Terusan yang menghubungkan samudra pasifik dan atlantik adalah....Terusan Panama

10. Organisasi PBB yang bergerak di bidang kesehatan adalah…  WHO (World Health Organization)

11. Kapan terjadi stunami di aceh…….. 26 Desember 2004  waktu 7:58:53 WIB

12. Lagu angin mamiri berasal dari mana??,…. daerah provinsi Sulawesi Selatan

13. Syuting lascar pelangi di pulau apa???... Pulau Belitung

14. Kerajaan islam pertama di di indoneisa adalah..….Kerajaan Samudera Pasai

15. Berapakah berat tongkat estafet??....
50 gr

16. Sebutkan 3 ciri gymnosspermae..
1.idak mempunyai bunga sejati
       2.tidak ada mahkota bunganya
       3.Bakal biji terdapat di luar permukaan dan tidak dilindungi oleh daun buah
4.merupakan tumbuhan heterospora yaitu menghasilkan dua jenis spora berlainan
5. megaspora membentuk gamet betina, sedangkan mikrospora menghasilkan serbuk sari
       6.struktus reproduksi terbentuk di dalam strobilus
       7.Dalam reproduksi terjadi pembuahan tunggal

17. Sebutkan 3 Ciri umum dari animal…
1.Eukariot, multiseluler tidak memiliki dinding del dan klorofil
2.Heterotrof
3.Dapat bergerak untuk memperoleh makanan

18. Sebutkan 2 Ciri dari cacing pita…
Cacing pita (Cestoda) memiliki tubuh bentuk pipih,Panjang antara 2 - 3m .Kepala (skoleks) dilengkapi dengan lebih dari dua alat pengisap.  Setiap segmen yang menyusun strobila /Proglotid mengandung alat perkembangbiakan. Makin ke posterior segmen makin melebar dan setiap segmen (proglotid) merupakan satu individu dan bersifat hermafrodit.Cacing ini biasanya hidup sebagai parasit dalam usus vertebrata dan tanpa alat pencernaan. Sistem eksresi terdiri dari saluran pengeluaran yang berakhir dengan sel api. Sistem saraf sama seperti Planaria dan cacing hati, tetapi kurang berkembang.


19. Diketahui f(x)=x^2+3, g(x)=4x-2, dan h(x)=1/x. belum diajarin

20. nilai dari (fogoh)(2) adalah. .belum diajarin

21. Dari 40 siswa suatu kelas akan di pilih perwakilan 5 siswa sbg pemain bola basket ada berapa cara pemilihan tsb..  40C5=40.39.38.37.36./5.4.3.2.1=658.008

22. FPB dan KPK dari 24 Dan 40…….120

23. Sebuah mata uang logam di lempar 100x lemparan,tentukan frekuensi harapan muncul gambar....... 1/2.100= 50

25. Sebutkan nama lain dr alquran……
·         Al-Kitab(buku)
·         Al-Furqan (pembeda benar salah)
·         Adz-Dzikr (pemberi peringatan)
·         Al-Mau'idhah (pelajaran/nasihat)
·         Asy-Syifa' (obat/penyembuh)
·         Al-Hukm (peraturan/hukum)
·         Al-Hikmah (kebijaksanaan)
·         Al-Huda (petunjuk)
·         At-Tanzil (yang diturunkan)
·         Ar-Rahmat (karunia)
·         Ar-Ruh (ruh)
·         Al-Bayan (penerang)
·         Al-Kalam (ucapan/firman)
·         Al-Busyra (kabar gembira)
·         An-Nur (cahaya)
·         Al-Basha'ir (pedoman)
·         Al-Balagh (penyampaian/kabar)
·         Al-Qaul (perkataan/ucapan)


26. Berapa juzz,surat dan ayat dari alquran……. Al-Quran terdiri dari 30 juz, 114 surat dan 6236 ayat (sebagian berpendapat 6666 ayat)

27. Berapa rokaat kita sholat sehari semalam…..17 roka’at

28. Siapakah penulis novel 5 menara??... Ahmad Fuadi

29. Rotasi bumi mengakibatkan terjadinya…..
1.     Gerak rotasi Bumi menyebabkan terjadinya proses terbit dan terbenam benda langit yang setiap hari kita rasakan pergerakan ini disebut dengan pergerakan semu harian benda  langit.
2.    Akibat adanya rotasi Bumi ini, setiap wilayah Bumi mendapat giliran pergantian siang dan malam, namun pembagianya tidak sama, karena adanya kemiringan sudut sumbu rotasinya. Bagian yang menghadap matahari atau terkenan cahaya sinar Matahari ialah terjadi siang, sedangkan yang membelakangi Matahari menjadi gelap, bagian inilah mengalami malam. Oleh sebab itu masing permukaan Bumi mangalami satu kali siang dan satu kali malam dalam satu kali rotasi.
3.    Adanya rotasi juga menyebabkan terjadinya perbedaan gaya grafitasi daerah ekuator dan daerah kutub. Dan melahirkan pembelokan arah angin, dijelaskan dalam hukum ”Buys Ballot ”  Udara mengalir dari daerah maksimum ke daerah minimum, di belahan Bumi utara berbelok  ke kanan dan di belahan Bumi Selatan berbelok ke kiri.


30. Unsur apakah yang mempunyai nomor atom 50 dan tidak di ketahui penemunya…. Timah (Sn)

31. Bahasa arab dari penggaris….. Misthorotun (
مسطرة)

32. Di mana markas /stadion kandang dari klub intermilan??.... Stadion Giuseppe Meazza

33. Tanggal 1 maret di kenal sebagai peristiwa apa??.... karena serangan itu dilaksanakan pada waktu fajar, tanggal 1 Maret 1949 dan oleh karenanya dikenal sebagai “Serangan fajar” atau lebih dikenal lagi sebagai “Serangan umum 1 Maret”

Rabu, 16 November 2011

Ibnu Khaldun, Bapak Ekonomi & Sosiologi

 


Dunia mendaulatnya sebagai `Bapak Ekonomi & Sosiologi Islam’. Sebagai salah seorang pemikir hebat dan serba bisa sepanjang masa, buah pikirnya amat berpengaruh. Sederet pemikir Barat terkemuka, seperti Georg Wilhelm Friedrich Hegel, Robert Flint, Arnold J Toynbee, Ernest Gellner, Franz Rosenthal, dan Arthur Laffer mengagumi pemikirannya.Tak heran, pemikir Arab, NJ Dawood menjulukinya sebagai negarawan, ahli hukum, sejarawan dan sekaligus sarjana. Dialah Ibnu Khaldun, penulis buku yang melegenda, Al-Muqaddimah. Ilmuwan besar yang terlahir di Tunisia pada 27 Mei 1332 atau 1 Ramadhan 732 H itu memiliki nama lengkap Waliuddin Abdurrahman bin Muhammad Ibn Khaldun Al-Hadrami Al-Ishbili. Nenek moyangnya berasal dari Hadramaut (Yaman) yang bermigrasi ke Seville (Spanyol) pada abad ke-8 M, setelah semenanjung itu ditaklukan Islam.

Setelah Spanyol direbut penguasa Kristen, keluarga besar Ibnu Khaldun hijrah ke Maroko dan kemudian menetap di Tunisia. Di kota itu, keluarga Ibnu Khaldun dihormati pihak istana dan tinggal di lahan milik dinasti Hafsiah. Sejak terlahir ke dunia, Ibnu Khaldun sudah hidup dalam komunitas kelas atas.
Ibnu Khaldun hidup pada masa peradaban Islam berada diambang degradasi dan disintegrasi. Kala itu, Khalifah Abbasiyah di ambang keruntuhan setelah penjarahan, pembakaran, dan penghancuran Baghdad dan wilayah disekitarnya oleh bangsa Mongol pada tahun 1258, sekitar tujuh puluh lima tahun sebelum kelahiran Ibnu Khaldun.
Guru pertama Ibnu Khaldun adalah ayahnya sendiri. Sejak kecil, ia sudah menghafal Alquran dan menguasai tajwid. Selain itu, dia juga menimba ilmu agama, fisika, hingga matematika dari sejumlah ulama Andalusia yang hijrah ke Tunisia. Ia selalu mendapatkan nilai yang memuaskan dalam semua bidang studi.
Studinya kemudian terhenti pada 749 H. Saat menginjak usia 17 tahun, tanah kelahirannya diserang wabah penyakit pes yang menelan ribuan korban jiwa. Akibat peristiwa yang dikenal sebagai Black Death itu, para ulama dan penguasa hijrah ke Maghrib Jauh (Maroko).
Ahmad Syafii Maarif dalam bukunya Ibn Khaldun dalam pandangan Penulis Barat dan Timur memaparkan, di usia yang masih muda, Ibnu Khaldun sudah menguasi berbagai ilmu Islam klasik seperti filsafat, tasawuf, dan metafisika. Selain menguasai ilmu politik, sejarah, ekonomi serta geografi, di bidang hukum, ia juga menganut madzhab Maliki.
Sejak muda, Ibnu Khaldun sudah terbiasa berhadapan dengan berbagai intrik politik. Pada masa itu, Afrika Utara dan Andalusia sedang diguncang peperangan. Dinasti-dinasti kecil saling bersaing memperebutkan kekuasaan, di saat umat Islam terusir dari Spanyol. Tak heran, bila dia sudah terbiasa mengamati fenomena persaingan keras, saling menjatuhkan, saling menghancurkan.
Di usianya yang ke-21, Ibnu Khaldun sudah diangkat menjadi sekretaris Sultan Al-Fadl dari Dinasti Hafs yang berkedudukan di Tunisia. Dua tahun kemudian, dia berhenti karena penguasa yang didukungnya itu kalah dalam sebuah pertempuran. Ia lalu hijrah ke Baskarah, sebuah kota di Maghrib Tengah (Aljazair).

Ia berupaya untuk bertemu dengan Sultan Abu Anam, penguasa Bani Marin dari Fez, Maroko, yang tengah berada di Maghrib Tengah. Lobinya berhasil. Ibnu Khaldun diangkat menjadi anggota majelis ilmu pengetahuan dan sekretaris sultan setahun kemudian. Ia menduduki jabatan itu selama dua kali dan sempat pula dipenjara. Ibnu Khaldun kemudian meninggalkan negeri itu setelah Wazir Umar bin Abdillah murka.
Ia kemudian terdampar di Granada pada 764 H. Sultan Bani Ahmar menyambut kedatangannya dan mempercayainya sebagai duta negar di Castilla, sebuah kerajaan Kristen yang berpusat di Seville. Tugasnya dijalankan dengan baik dan sukses. Namun tak lama kemudian, hubungannya dengan Sultan kemudian retak.
Dua tahun berselang, jabatan strategis kembali didudukinya. Penguasa Bani Hafs, Abu Abdillah Muhammad mengangkatnya menjadi perdana menteri sekaligus, khatib dan guru di Bijayah. Setahun kemudian, Bijayah jatuh ke tangan Sultan Abul Abbas Ahmad, gubernur Qasanthinah (sebuah kota di Aljazair). Ibnu Khaldun lalu hijrah ke Baskarah.
Ia kemudian berkirim surat kepada Abu Hammu, sultan Tilmisan dari Bani Abdil Wad yang isinya akan memberi dukungan. Tawaran itu disambut hangat Sultan dan kemudian memberinya jabatan penting. Iming-iming jabatan itu ditolak Ibnu Khaldun, karena akan melanjutkan studinya secara otodidak. Ia bersedia berkampanye untuk mendukung Abu Hammu. Sikap politiknya berubah, tatkala Abu Hammu diusir Sultan Abdul Aziz.
Ibnu Khaldun kemudian berpihak kepada Abdul Aziz dan tinggal di Baskarah. Tak lama kemudian, Tilmisan kembali direbut Abu Hammu. Ia lalu menyelamatkan diri ke Fez, Maroko pada 774. Saat Fez jatuh ke tangan Sultan Abul Abbas Ahmad, ia kembali pergi ke Granada buat yang kedua kalinya. Namun, penguasa Granada tak menerima kehadirannya.
Ia balik lagi ke Tilmisan. Meski telah dikhianati, namun Abu Hammu menerima kehadiran Ibnu Khaldun. Sejak saat itulah, Ibnu Khaldun memutuskan untuk tak berpolitik praktis lagi. Ibnu Khaldun lalu menyepi di Qa’lat Ibnu Salamah dan menetap di tempat itu sampai tahun 780 H. Dalam masa menyepinya itulah, Ibnu Khaldun mengarang sejumlah kitab yang monumental.
Di awali dengan menulis kitab Al-Muqaddimah yang mengupas masalah-masalah sosial manusia, Ibnu Khaldun juga menulis kitab Al-`Ibar (Sejarah Umum). Pada 780 H, Ibnu Khaldun sempat kembali ke Tunisia. Di tanah kelahirannya itu, ia sempat merevisi kitab Al’Ibar.
Empat tahun kemudian, ia hijrah ke Iskandaria (Mesir) untuk menghindari kekisruhan politik di Maghrib. Di Kairo, Ibnu Khaldun disambut para ulama dan penduduk. Ia lalu membentuk halaqah di Al-Azhar. Ia didaulat raja menjadi dosen ilmu Fikih Mazhab Maliki di Madrasah Qamhiyah. Tak lama kemudian, dia diangkat menjadi ketua pengadilan kerajaan.
Ibnu Khaldun sempat mengundurkan diri dari pengadilan kerajaan, lantaran keluarganya mengalami kecelakaan. Raja lalu mengangkatnya lagi menjadi dosen di sejumlah madrasah. Setelah menunaikan ibadah haji, ia kembali menjadi ketua pengadilan dan kembali mengundurkan diri. Pada 803 H, dia bersama pasukan Sultan Faraj Barquq pergi ke Damaskus untuk mengusir Timur Lenk, penguasa Mogul.
Berkat diplomasinya yang luar biasa, Ibnu Khaldun malah bisa bertemu Timur Lenk yang dikenal sebagai penakluk yang disegani. Dia banyak berdiskusi dengan Timur. Ibnu Khaldun, akhirnya kembali ke Kairo dan kembali ditunjuk menjadi ketua pengadilan kerajaan. Ia tutup usia pada 25 Ramadhan 808 H di Kairo. Meski dia telah berpulang enam abad yang lalu, pemikiran dan karya-karyanya masih tetap dikaji dan digunakan hingga saat ini.

AL MUQADDIMAH, SEBUAH KARYA ABADI

 

Setelah mundur dari percaturan politik praktis, Ibnu Khaldun bersama keluarganya menyepi di Qal’at Ibn Salamah istana yang terletak di negeri Banu Tajin selama empat tahun. Selama masa kontemplasi itu, Ibnu Khaldun berhasil merampungkan sebuah karya monumental yang hingga kini masih tetap dibahas dan diperbincangkan.
`’Dalam pengunduran diri inilah saya merampungkan Al-Muqaddimah, sebuah karya yang seluruhnya orisinal dalam perencanaannya dan saya ramu dari hasil penelitian luas yang terbaik,” ungkap Ibnu Khaldun dalam biografinya yang berjudul Al-Ta’rif bi Ibn-Khaldun wa Rihlatuhu Gharban wa Sharqan.
Buah pikir Ibnu Khaldun itu begitu memukau. Tak heran, jika ahli sejarah Inggris, Arnold J Toynbee menganggap Al-Muqaddimah sebagi karya terbesar dalam jenisnya sepanjang sejarah.
Menurut Ahmad Syafii Ma’arif, salah satu tesis Ibnu Khaldun dalam Al-Muqaddimah yang sering dikutip adalah: `’Manusia bukanlah produk nenek moyangnya, tapi adalah produk kebiasaan-kebiasaan sosial.” Secara garis besar, Tarif Khalidi dalam bukunya Classical Arab Islam membagi Al-Muqaddimah menjadi tiga bagian utama .
Pertama, membicarakan histografi mengupas kesalahan-kesalahan para sejarawan Arab-Muslim.
Kedua, Al-Muqaddimah mengupas soal ilmu kultur. Bagi Ibnu Khaldun, ilmu tersebut merupakan dasar bagi pemahaman sejarah.
Ketiga, mengupas lembaga-lembaga dan ilmu-ilmu keislaman yang telah berkembang sampai dengan abad ke-14. Meski hanya sebagai pengantar dari buku utamanya yang berjudul Al-`Ibar, kenyataannya Al-Muqaddimah lebih termasyhur.
Pasalnya, seluruh bangunan teorinya tentang ilmu sosial, kebudayaan, dan sejarah termuat dalam kitab itu. Dalam buku itu Ibnu Khaldun diantara menyatakan bahwa kajian sejarah haruslah melalui pengujian-pengujian yang kritis.
`’Di tangan Ibnu Khaldun, sejarah menjadi sesuatu yang rasional, faktual dan bebas dari dongeng-dongeng,” papar Syafii Ma’arif. Bermodalkan pengalamannya yang malang-melintang di dunia politik pada masanya, Ibnu Khaldun mampu menulis Almuqaddimah dengan jernih. Dalam kitabnya itu, Ibnu Khaldun juga membahas peradaban manusia, hukum-hukum kemasyarakatan dan perubahan sosial.
Menurut Charles Issawi dalam An Arab Philosophy of History, lewat Al-Muqaddimah, Ibnu Khaldun adalah sarjana pertama yang menyatakan dengan jelas, sekaligus menerapkan prinsip-prinsip yang menjadi dasar sosiologi. Salah satu prinsip yang dikemukakan Ibnu Khaldun mengenai ilmu kemasyarakatan antara lain; `’Masyarakat tidak statis, bentuk-bentuk soisal berubah dan berkembang.”
Pemikiran Ibnu Khaldun telah memberi pengaruh yang besar terhadap para ilmuwan Barat. Jauh, sebelum Aguste Comte pemikir yang banyak menyumbang kepada tradisi keintelektualan positivisme Barat metode penelitian ilmu pernah dikemukakan pemikir Islam seperti Ibnu Khaldun (1332-1406).
Dalam metodeloginya, Ibnu Khaldun mengutamakan data empirik, verifikasi teoritis, pengujian hipotesis, dan metode pemerhatian. Semuanya merupakan dasar pokok penelitian keilmuan Barat dan dunia, saat ini. `’Ibnu Khaldun adalah sarjana pertama yang berusaha merumuskan hukum-hukum sosial,” papar Ilmuwan asal Jerman, Heinrich Simon.

KONSEP EKONOMI IBNU KHALDUN



Ibnu Khaldun juga banyak memberi kontribusi bagi pengembangan ilmu ekonomi. Tak heran, bila dia juga dijuluki sebagai `Bapak Ekonomi’.
Gagasan dan pemikiran tentang ekonomi Ibnu Khaldun telah mengilhami sejumlah ekonom terkemuka. Empat abad setelah Ibnu Khaldun berpulang, pemikirannya tentang ekonomi muncul kembali melalui Adam Smith serta David Ricardo.
Setelah itu, Karl Marx serta John Maynard Keynes juga banyak menyerap pemikiran Ibnu Khaldun. Salah satu pengaruh pemikiran Ibnu Khaldun yang diadopsi Karl Marx antara lain, mengenai dialektika yang saling mempengaruhi antara pemikiran dan dasar material. Selain itu, mengenai beberapa cara spesifik variabel ekonomi, khususnya dengan peran tenaga kerja dalam hubungan sosial.
Ibnu Khaldun begitu menghormati tenaga kerja sebagai salah satu dari dasar utama masyarakat dan diskusi tentang profit sebagai nilai yang didapat dari pekerjaan manusia. Pemikiran ekonomi Ibnu Khaldun menggabungkan hablum minallah dan hablum minnanas.
Ia mendefinisikan ekonomi secara sosial sebagai aktivitas ekonomi yang dipengaruhi oleh interaksi sosial dan sebaliknya mereka mempengaruhinya. Prespektif tersebut digunakan Ibn Khaldun dalam menganalisis nilai pekerja manusia, dalam arti mata pencaharian dan stratifikasi ekonomi sosial. Ibnu Khaldun juga berpendapat bahwa organisasi sosial adalah ‘sesuatu yang diperlukan’ bagi usaha manusia dan keinginannya untuk hidup dan bertahan hidup ‘dengan bantuan makanan’. Untuk mencapai tujuan ini kemampuan individu saja tidaklah cukup.
Dalam Al-Muqqadimah, Ibnu Khaldun juga memberikan keutamaan, bukan eksklusif, posisi faktor ekonomi dalam sejarah. Aktivitas intelektual dari manusia, seni dan ilmu pengetahuan, sikap dan perilaku moralnya, gaya hidup dan selera, standar kehidupan dan adat didefinisikan Ibnu Khaldun melalui derajat atau tingkatan produksi.